Blok Silinder
merupakan inti dari mesin yang terbuat dari besi tuang. Namun ada beberapa blok
silinder yang terbuat dari paduan Aluminium. Dengan bahan Aluminium lebih
ringan dan meradiasikan panas lebih efisien dibandingkan dengan besi tuang.
Blok Silinder dilengkapi rangka pada bagian dinding luar untuk memberikan
kekuatan pada mesin dan membantu meradiasikan panas. Blok silinder terdiri dari
beberapa lubang tabung silinder yang di dalamnya terdapat torak yang bergerak
turun-naik. Silinder-silinder ditutup bagian atasnya oleh kepala silinder yang
dijamin oleh gasket . Crankcase terpasang dibagian bawah blok silinder dan
poros engkol dan bak oli termasuk di dalam blok silinder, hanya pada tipe OHV
(Over Head valve). Pada mesin yang modern poros nok berada di dalam kepala
silinder. Silinder-silinder dikelilingi oleh mantel pendingin (water jacket)
untuk membantu pendinginan. Perlengkapan lainnya seperti starter, alternator,
pompa bensin, distributor dipasangkan pada bagian samping blok silinder.
Tenaga panas
yang dihasilkan oleh pembakaran bensin dirubah ke dalam tenaga mekanik dengan
adanya gerak naik-turun torak dalam tiap-tiap silinder. Mesin harus memenuhi
kedua kebutuhan, dengan tujuan untuk merubah tenaga panas menjadi energi
mekanik seefisien mungkin. Syaratnya antara lain :
- Tidak boleh terdapat kebocoran campuran bahan bakar dan udara saat berlangsungnya kompresi atau kebocoran gas pembakaran antara silinder dan torak.
- Tahanan gesek antara torak dan silinder harus sekecil mungkin.
Blok silinder adalah tempat piston bekerja menghisap, kompresi, usaha dan buang. Blok silinder juga merupakan tempat adanya silinder, saluran pendinginan, ada juga sebagai tempat saluran masuk dan buang.
Blok silinder sering disamakan dengan blok mesin, meski secara teknik
bisa dibedakan. Dalam bagian dasar mesin, ada banyak bagian mesin
seperti silinder, blok silinder, saluran pendinginan, saluran masuk dan
buang adalah bagian yang terpisah tetapi bekerja bersama-sama dan saling
mempengaruhi kinerja mesin.
INTAKE dan EXHAUST MANIFOLD
exhaust manifold merupakan tempat keluarnya sisa gas dari pembakaran, exhaust manifold terbuat dari besi cor atau stainless steel yang terhubung ke knalpot. Untuk intake manifold, intake manifold berfungsi sebagai saluran masuk campuran bahan bakar dan udara atau dan udara saja pada mesin injeksi. - See more at: http://dunia-otomotif-mobil.blogspot.com/2013/04/apa-itu-kepala-silinder-dan-blok.html#sthash.Y5zzhHib.dpuf
INTAKE dan EXHAUST MANIFOLD
exhaust manifold merupakan tempat keluarnya sisa gas dari pembakaran, exhaust manifold terbuat dari besi cor atau stainless steel yang terhubung ke knalpot. Untuk intake manifold, intake manifold berfungsi sebagai saluran masuk campuran bahan bakar dan udara atau dan udara saja pada mesin injeksi. - See more at: http://dunia-otomotif-mobil.blogspot.com/2013/04/apa-itu-kepala-silinder-dan-blok.html#sthash.Y5zzhHib.dpuf
0 komentar:
Posting Komentar